Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Juga Bertepatan dengan Ulang Tahun Jokowi ke-59

- 21 Juni 2020, 08:03 WIB
PRESIDEN Joko Widodo.*

MEDIA BLITAR - Akhir pekan ini merupakan hari berbahagia bagi Presiden RI, Joko Widodo, atau akrab dikenal dengan Presiden Jokowi. Pasalnya, tepat pada hari ini, Minggu 21 Juni 2020, Presiden Jokowi tengah merayakan ulang tahunnya yang menginjak usia ke-59 tahun.

Selain hari ulang tahunnya, ternyata hari ini juga sangat istimewa, dikarenakan bertepatan dengan hari ulang tahunnya, juga bersamaan dengan momen fenomena alam langka gerhana matahari cincin, dan Indonesia termasuk negara yang merasakan fenomena gerhana matahari tersebut, menurut laporan dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 21 Juni 2020 antara lain Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, China, dan Samudera Pasifik. Selain itu, teramati sedikit di Afrika bagian utara dan timur, Samudera Hindia, Asia (termasuk Indonesia), sebagian negara Eropa, Australia bagian utara, dan Samudera Pasidik berupa Gerhana Matahari sebagian.

Baca Juga: Sudah Tidak Sesuai dengan Kebutuhan, Pertamina Berencana Bakal Menghapus Premium dan Pertalite

Sementara di wilayah Indonesia, yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin parsial yakni di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Maluku.

Adapun daerah yang bisa mengamati gerhana matahari itu yakni Medan, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Tanjung Pandan, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Tarakan, Palu, Gorontalo, Manado, Makassar, Polewali, Kendari, Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura.

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni menuturkan untuk gerhana matahari cincin yang akan datang pada 21 Juni 2020, hanya bisa diamati secara parsial dari sebagian wilayah di Utara Indonesia.

Baca Juga: BREAKING NEWS : Update Terkini Pasien Positif COVID-19 di Indonesia Menjadi 43.803, 19 Juni 2020

"Wilayah Indonesia hanya sekitar 20 persen parsial," tuturnya.

Ucapan selamat

Halaman:

Editor: Tim Media Blitar

Sumber: Pikiran Rakyat, PMJ News


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X