2021 Boleh Mudik, Simak Syarat dan Ketentuannya

- 17 Maret 2021, 17:41 WIB
2021 Boleh Mudik, Simak Syarat dan Ketentuannya
2021 Boleh Mudik, Simak Syarat dan Ketentuannya /Ade Bayu Indra/Pikiran Rakyat/

MEDIA BLITAR - Mudik merupakan salah satu tradisi bangsa Indonesia ketika hari besar tiba. Tidak sama seperti tahun lalu, melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pemerintah tidak melarang warga untuk mudik.

Kendati demikian, masyarakat yang ingin mudik tetap harus siap dengan segala protokol dan syarat yang harus dilalui. Saat rapat dengan Komisi V DPR RI, Budi Karya sampaikan warga yang tetap memilih mudik pada Lebaran 2021 harus siap menjalani tracing ketat dari Satgas COVID-19 setempat.

Baca Juga: Lama Tak Comeback, Kim Hanbin alias B.I Kembali dengan Teaser Lagu Midnight Blue

"Kami akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas bahwa mekanisme mudik itu kita atur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan bepergian," kata Budi Karya, dikutip dari youtube Komisi V DPR, Rabu 17 Maret 2021.

Kemudian, setiap orang yang berpergian tentu harus menyiapkan surat keterangan negatif COVID-19 melalui sejumlah metode pengecekan yang sudah ditetapkan seperti repid test, GeNose, repid test antigen dan PCR. Budi karya menambahlan pihaknya akan selalu mengawal dengan ketat prokes saat mudik.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Bermanfaat tapi Jarang Disadari

"Bisa dipastikan prokes kami akan kawal dengan ketat," tambah dia.

Menurutnya warga yang melakukan mudik lebaran tahun ini akan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Ada sejumlah faktor yang mendorong warga berani bepergian diantaranya berjalannya program vaksin.

"Program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin bepergian. Juga adanya PPNBM 0 kepemilikan mobil bertambah, penggunaan tes GeNose yang relatif murah juga membuat mereka confident untuk bepergian karena lebih mudah," tutur dia.

Halaman:

Editor: Annisa Aprilya Putri

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x