Boros Kuota Hinga 1,5 Gb saat Video Call Zoom? Ini Trik Cara Mudah Menghemat Kuota

- 18 Juni 2020, 08:35 WIB
ILUSTRASI aplikasi Zoom .*/

MEDIA BLITAR - Teknologi aplikasi Zoom memang menjadi sebuah solusi dikala pandemi virus corona yang semakin meluas, terlebih disaat masyarakat terpaksa untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan Video Call Zoom atau panggilan video.

Tapi menjadi sebuah problema disaat menggunakan panggilan video menggunakan Zoom, mengharuskan penggunanya menghabiskan paket internet yang cukup besar ditambah akses internet yang cepat agar panggilan video lebih lancar.

Seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman review.org, untuk panggilan video satu lawan satu di Zoom akan menghabiskan kira-kira 540 MB per jam nya untuk kualitas standar.

Sedangkan untuk kualitas 720p akan menghabiskan kuota internet sebesar 1,08 GB per jamnya, dan pada kualitas 1080p akan menghabiskan data internet sebanyak 1,62GB per jamnya.

Beda lagi dengan panggilan video grup di Zoom, penggunaan data akan jauh lebih tinggi, untuk kualitas 1080p bisa menghabiskan 2,4 GB per jam.

Jika Anda sering mendapat notifikasi 'Your connection is unstable' maka perlu mengurangi penggunaan jaringan internet agar tetap berada di bawah batas data kuota.

Berikut ini cara menghemat kuota Zoom, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Cornell University.

1. Tinggalkan video saat tidak membutuhkannya.

Mematikan atau menonaktifkan kamera adalah cara termudah untuk menghemat kuota data.

Baca Juga: Niat Gandakan Uang, Bakal Calon Bupati Sorong Selatan Jadi Korban Dukun di Jampang Sukabumi

Halaman:

Editor: Tim Media Blitar

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X