Rutinitas Posko LDP Kemensos untuk Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur

- 1 Desember 2022, 09:03 WIB
Rutinitas Posko LDP Kemensos untuk Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur
Rutinitas Posko LDP Kemensos untuk Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur /Dok. Kemensos/

MEDIA BLITAR - Sudah sepekan lebih sejak bencana gempa bumi melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) lalu. Rasa cemas dan trauma, masih belum sepenuh hilang dari memori para penyintas.

Gempa tremor yang kerap muncul, membuat hati penyintas dag-dig-dug. Bayangan seram di awal bencana kembali bangkit.

Untuk meminimalisasi rasa cemas yang dialami para penyintas, Kemensos memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP). LDP merupakan salah satu arahan langsung Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada jajaran Kemensos yang bertugas di lapangan. LDP menyasar anak-anak, orang dewasa dan lansia.

Baca Juga: Piala Dunia Arab Saudi vs Meksiko 1 Desember 2022: Prediksi Starting XI, Head to Head, Link Streaming SCTV

LDP diberikan oleh Sentra Rehabilitasi Sosial milik Kemensos yang ditugaskan di setiap titik pengungsian, seperti pengungsian di Lapangan Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang. Sentra Terpadu “Pangudi Luhur” (STPL) di Bekasi menjadi penanggungjawab untuk setiap aspek di titik ini.

“Kami menghibur, memberikan layanan dukungan psikososial bagi anak-anak penyintas bencana supaya mereka senang, mereka bisa melupakan rasa takut, rasa cemas yang mereka alami,” kata petugas LDP dari STPL di Bekasi, Wisnu Permana usai menghibur anak-anak di tenda LDP, baru-baru ini.

Rutinitas Posko LDP Kemensos untuk Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur
Rutinitas Posko LDP Kemensos untuk Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur

Wisnu mengatakan, saat ini, tim LDP masih berfokus untuk menghibur anak-anak dengan beragam permainan dan kegiatan menggambar, serta mewarnai. “Saat ini, anak-anak masih kami ajak melakukan hal-hal sederhana, bermain, menggambar dan mewarnai. Nanti, sambil berjalan, baru kita masukkan edukasi-edukasi di dalamnya,” katanya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: 17 Link Streaming Arab Saudi vs Meksiko, Kamis 1 Desember 02.00 WIB Grup C

Sentra tidak sendiri, Kemensos juga melibatkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk turut serta melakukan penanganan pasca bencana, termasuk pemberian LDP kepada penyintas, seperti yang dilakukan para relawan Tagana dari Provinsi Jawa Timur. Sejak tiba di Cianjur pada Rabu (23/11), 18 personel (14 di dapur umum dan 4 di LDP) langsung melakukan tugas masing-masing.

Halaman:

Editor: Ninditoo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x