Pemulihan Trauma Pasca Banjir Bandang NTT, Kemensos Lakukan Ini

- 16 April 2021, 21:42 WIB
Pemulihan Trauma Pasca Banjir Bandang NTT, Kemensos Lakukan Ini
Pemulihan Trauma Pasca Banjir Bandang NTT, Kemensos Lakukan Ini /Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung via Antara/

MEDIA BLITAR - Percepatan penanganan pascabencana yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) terus dilakukan. Selain mengirimkan logistik, pemerintah turut mengirimkan bantuan nonlogistik.

Terbaru, pemerintah turut mengirimkan bantuan kaitannya dengan penyembuhan dampak trauma setelah gempa.

Hal itu yang dilakukan oleh Kementrian Sosial melalui Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung. Kemensos mengirimkan tim layanan dukungan psikososial (LDP) ke lokasi bencana banjir bandang NTT.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Alasan Larangan Mudik di Tahun 2021

Tim yang dikirim terdiri atas psikolog, pekerja sosial, perawat, penyuluh sosial dan pejabat struktural. Mereka ditempatkan di dua desa di Kabupaten Alor yakni Desa Mainang dan Desa Maliepea.

"Kami berupaya memulihkan trauma warga atas bencana yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Juena Sitepu seperti dilansir Media Blitar mengutip Antara, Jumat, 16 April 2021.

Layanan psikososial yang diberikan berupa terapi peer support (dukungan teman sebaya), terapi musik, pelayanan konseling dan psikoedukasi untuk penguatan psikologis bagi penyintas.

Baca Juga: Totalitas Tanpa Batas! Rina Nose Sukses Impersonate Krisdayanti dari Ujung Kepala hingga Kaki

Selain untuk layanan pemulihan psikososial, tim yang diterjunkan juga memberikan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada warga terdampak banjir bandang.

Halaman:

Editor: Rezky Putri Harisanti

Sumber: ANTARA


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x