Harus Diwaspadai, COVID-19 Ternyata Dapat Melumpuhkan Organ Dalam Seperti Jantung, Ginjal dan Hati

- 28 Juni 2020, 16:09 WIB
Ilustrasi corona. /pixabay

MEDIA BLITAR - Di masa pandemi virus corona (COVID-19), orang dengan gejala batuk, flu dan sesak napas menjadi diwaspadai karena dikhawatirkan sebagai gejala awal tertularnya virus corona.

Untuk diketahui, virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan covid-19 dikenal sebagai penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

Namun dalam perkembangannya, covid-19 tidak hanya menyerang organ dalam sistem pernapasan. Sebab, ia juga bisa melumpuhkan organ dalam tubuh penting yang lain.

Baca Juga: Yuk Simak Manfaat Lain Vitamin K Untuk Kulit dan Wajah

Dalam beberapa kasus, virus corona juga bisa menyebabkan serangan pada organ dalam lain dan menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

"Kami pikir ini hanya virus pernapasan. Ternyata juga menyerang ginjal, jantung, hati, otak, dan organ lain. Kami tidak menyadari itu pada awalnya," kata dr. Eric Topol, ahli jantung dan direktur Scripps Research Translational Institute di La Jolla, California, Amerika Serikat seperti dikutip MEDIA BLITAR dari Bekasi.Pikiran-Rakyat.com melansir Reuters.

Baca Juga: Apa Saja Sih Makanan Yang Kaya Akan Vitamin K? Yuk Kita Simak!

Selain gangguan pernapasan, pasien virus corona dapat mengalami gangguan pembekuan darah yang dapat menyebabkan strok dan peradangan ekstrem berbagai sistem organ.

Artikel ini telah tayang di Bekasi.Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Ilmuwan Mulai Paham Covid-19 Juga Serang Ginjal, Jantung, Hati, dan Otak

Virus corona juga dapat menyebabkan komplikasi neurologis yang berkisar dari sakit kepala, pusing, dan kehilangan rasa atau bau hingga kejang dan kebingungan.

Halaman:

Editor: Tim Media Blitar

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X