Jelang Bulan Ramadhan 2023, ini Bacaan Lengkap Doa Ziarah Kubur Beserta Arti Bahasa Indonesia

- 17 Maret 2023, 16:28 WIB
Jelang Bulan Ramadhan 2023, ini Bacaan Lengkap Doa Ziarah Kubur Beserta Arti Bahasa Indonesia
Jelang Bulan Ramadhan 2023, ini Bacaan Lengkap Doa Ziarah Kubur Beserta Arti Bahasa Indonesia /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

MEDIA BLITAR – Tinggal menghitung hari lagi, umat muslim akan segera menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 

Jelang bulan Ramadhan, banyak umat muslim melakukan ziarah kubur mendoakan kepada keluarga atau kerabat yang telah tiada.

Ziarah kubur merupakan kegiatan yang sering dilakukan umat islam beberapa hari sebelum puasa Ramadhan.

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Membatalkan Puasa? Ketahui Selengkapnya di Sini, Ramadhan 2023 Sebentar Lagi!

Dilansir dari laman NU, Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa hikmah disunnahkan ziarah kubur ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap hari Jumat adalah Allah mengampuni dosa-dosanya dan dia dicatat sebagai anak yang taat dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Hal tersebut sebagaimana termaktub dalam kitab Nihayatuz Zain, dan kegiatan ini menjadi kesempatan bagi siapa saja yang merasa kurang dalam pengabdian kepada orang tua semasa hidupnya untuk senantiasa berbakti dan mengabdi kepada mereka.

Sementara, berdasarkan dari Imam Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Fatawa Fiqhiyah al-Kubra, intinya ziarah kubur untuk mendoakan para ahli kubur agar diberikan tempat yang aman dan tentram di akhirat, serta satu sisi bagi manusia sebagai sarana mengingat kematian kembali.

Halaman:

Editor: Farra Fadila


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x