Tidak Mandi Pakai Sabun Selama 5 Tahun, Dokter di AS Tetap Terlindung Dari Virus dan Bakteri

- 30 Juli 2020, 13:14 WIB
DOKTER sekaligus dosen Sekolah Kedokteran Yale, James Hamblin mengaku sudah tak mandi dengan sabun selama lima tahun terakhir.* /Kolase Instagram/jameshamblin dan pixabay /

MEDIA BLITAR - Mandi merupakan cara yang paling baik untuk menjaga atau merawat kulit tubuh tetap bersih dan terjaga kelembabannya.

Namun ada yang aneh saat banyak orang tergila-gila dengan berbagai macam sabun dan perawatan kulit, ternyata ada pula yang berusaha menghindarinya.

Salah satunya adalah seorang dokter sekaligus dosen di Sekolah Kedokteran Universitas Yale di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat (AS), yang sudah tidak memakai sabun kurang lebih selama lima tahun.

Baca Juga: Predator Fetish Kain Jarik Berkedok Riset, Korban Dibungkus Seperti Pocong, Viral di Media Sosial

Dokter tersebut mengatakan bahwa dirinya hanya menghindari sabun mandi dan perawatan wajah. Namun dirinya tetap menyarankan masyarakat menggunakan sabun kala mencuci tangan, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Seperti dikutip MEDIA BLITAR dari The Guardian, pria bernama James Hamblin (37) ini mengaku banyak orang yang merasa jijik saat tahu kebiasaannya itu.

"Ini adalah satu dari sebagian orang yang kuingat merasa baik-baik saja berkata pada seseorang bahwa mereka itu menjijikan. Jujur, bagiku itu luar biasa," tuturnya.

Baca Juga: Dokter Sony Putrananda, Dokter Ternama di Blitar Meninggal Dunia Karena Terpapar Covid-19

Terlepas dari penilaian orang lain, James mengaku dirinya bukanlah orang yang benar-benar higienis.

Kendati demikian, ia sudah rajin mencuci tangannya dengan sabun jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia.

Halaman:

Editor: Tim Media Blitar

Sumber: The Guardian


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X