Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha Serta Keutamaannya

- 29 Juli 2020, 22:20 WIB
Ilustrasi Salat Idul Adha.* /dok

MEDIA BLITAR - Setelah Idul Fitri, Idul Adha menjadi hari raya yang paling dinanti oleh umat muslim seluruh dunia.

Idul Adha merupakan hari raya yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Biasanya umat muslim akan melaksanakan ibadah dengan menyembelih hewan kurban, untuk nantinya daging hewan kurban tersebut dibagikan kepada orang-orang sekitar yang tidak mampu dan membutuhkan.

Ibadah menyembelih hewan kurban dilakukan setelah sholat ied, dimana merupakan peringatan atas perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim, yang menyembelih domba sebagai pengganti dari putranya, Nabi Ismail.

Untuk itu, Hari Raya Idul Adha saat ini dikenal juga sebagai hari raya kurban.

Baca Juga: Waduh, Ternyata Gejala Utama Covid-19 Bukan Demam! Ini Penjelasan Sebenarnya Dari Para Ahli

Pemerintah melalui Kementerian Agama, juga telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, serta telah mengeluarkan surat Nomor 15 Tahun 2020 tentang panduan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Seperti halnya pelaksanaan sholat Idul Fitri, tata cara sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan.

Waktu pelaksanaannya ialah setelah matahari terbit atau sekitar jam 6 pagi hingga sebelum dhuhur. Tak hanya itu, jumlah rakaatnya pun juga sama, yaitu dua rakaat dan diakhiri dengan khotbah.

Akan lebih baik jika sholat Idul Adha dikerjakan secara berjemaah, walaupun jika dalam keadaan yang tidak memungkinkan kita boleh melakukannya sendiri atau dengan istilah munfarid.

Bagi umat Islam yang akan mengikuti Shalat Idul Adha nanti, tak ada salahnya mengingat kembali niat dan tata cara pelaksanaannya, sesuai dengan ajaran agama Islam.

Halaman:

Editor: Tim Media Blitar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X