Satwa Dilindungi di Indonesia: Kenali Peraturan dan Hukumannya untuk Melindungi Keberlangsungan Eksistensi

- 25 Januari 2023, 21:53 WIB
Satwa Dilindungi di Indonesia: Kenali Peraturan dan Hukumannya untuk Melindungi Keberlangsungan Eksistensi
Satwa Dilindungi di Indonesia: Kenali Peraturan dan Hukumannya untuk Melindungi Keberlangsungan Eksistensi /Pixabay/

MEDIA BLITAR - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, dengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di wilayahnya, Indonesia menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan yang unik dan langka, yang hanya dapat ditemukan di negara ini.

Dari keragaman hayati ini, banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang merusak habitat dan memburu hewan-hewan langka di Indonesia. Sehingga pemerintah harus turun dan menetapkan undang-undang khusus guna melindungi hewan-hewan langka ini. Beberapa hewan yang sangat dilindungi di Indonesia adalah:

Baca Juga: Tugas, Tanggungjawab, dan Kewajiban Pantarlih, Cek di Sini! Lengkap Beserta Gaji pada Pemilu 2024

Orangutan: Orangutan Sumatra dan Borneo sangat dilindungi karena populasinya yang menurun drastis akibat deforestasi dan perburuan.

Harimau Sumatra: Harimau Sumatra sangat dilindungi karena populasinya sangat kecil dan terus menurun akibat perburuan dan pengurangan habitat.

Gajah Sumatra: Gajah Sumatra sangat dilindungi karena populasinya yang menurun akibat perburuan, pembalakan hutan, dan perdagangan satwa liar.

Kakatua Merah : Kakatua Merah sangat dilindungi karena populasinya yang sangat kecil dan terus menurun akibat perburuan dan pengurangan habitat.

Baca Juga: Berapa Gaji Pantarlih Pemilu 2024? Berikut Besaran Gaji, Tugas, dan Tanggungjawab Pantarlih

Rang-rang : Rang-rang dilindungi karena populasinya yang sangat kecil dan terus menurun akibat perburuan, pengambil daging, dan pengurangan habitat

Halaman:

Editor: Arini Kumalasari

Sumber: ksdae.menlhk.go.id BPK RI


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x