Malam 1 Suro: Pantangan dan Larangan Bagi Masyarakat Jawa di Malam 1 Suro 2022: Cek 4 Weton Diincar Sengkolo

- 29 Juli 2022, 09:06 WIB
Malam 1 Suro: Pantangan dan Larangan Bagi Masyarakat Jawa di Malam 1 Suro 2022: Cek 4 Weton Diincar Sengkolo
Malam 1 Suro: Pantangan dan Larangan Bagi Masyarakat Jawa di Malam 1 Suro 2022: Cek 4 Weton Diincar Sengkolo //Pexels/cottonbro/

MEDIA BLITAR – Jelang malam 1 suro yang akan jatuh pada 30 Juli 2022, banyak yang penasaran tentang pantangan dan larangan apa saja yang dipercaya oleh masyarakat Jawa untuk tidak dihalalkan melakukannya. Cek juga weton apa saja yang akan apes jika tak mematuhi aturan ini.

Jika merujuk pada penanggalan Hijriah, 1 Muharram akan jatuh pada tanggal 31 Juli 2022. Maka malam 1 Suro akan diperingati pada malam hari pada tanggal 31 Juli 2022.

Bulan Suro kali ini jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 yang jatuh pada pasaran Sabtu Pahing. Namun, karena bulan suro jatuh pada pasaran Sabtu Pahing, sehingga malam perayaan 1 Suro akan berlangsung pada Jumat Legi malam harinya.

Baca Juga: PREDIKSI SKOR RANS Nusantara Vs PSS Sleman Liga 1, Peluang Line Up, Jam Kick-off, Live TV Indosiar

Pada malam Suro ini memang identik dengan aura mistis yang begitu kental. Pada malam 1 Suro akan terjadi keselarasan antara dimensi manusia dengan dimensi para lelembut yang disebut sebagai tundan demin yang artinya malam di mana akan terjadi akumulasi makhluk halus.

Sehingga semua makhluk halus seperti Jin, setan, siluman, binatang gaib dan lainnya akan mudah masuk ke alam kita.

Ada banyak pantangan yang diharamkan dilakukan menurut tradisi masyarakat jawa berikut adalah larangan dan pantangannya.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu! Berikut Dampak Buruk Mencabut Uban Menurut Ahli, Dapat Timbulkan Kebotakan?

  1. Dilarang Pindah Rumah

Selain pesta pernikahan pesta hajatan lain juga tak boleh diadakan pada bulan Suro. Karena terdapat penanggalan dalam kalender jawa jika akan pindah rumah.

Halaman:

Editor: Farra Fadila

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x